SAYA BELAJAR, bahwa cinta adalah berbagi, memberi, dan menerima…

Cinta

           205-96329 Cinta adalah sebuah kata yang tak habis dibahas, setiap orang mempunyai arti “cinta” nya masing-masing. Tetapi, ada yang lebih penting daripada cinta yaitu “ilmu tentang cinta”, bagaimana kita memahami maksud bahasa tubuh dari orang yang kita cintai, bagaimana kita memahami keinginan, hal yang disuka ataupun yang tidak disuka, hal – hal kecil yang menurut kita biasa ternyata menyinggung dia, dan lain sebagainya.

            Cinta bukan hanya soal kau telah menjadi halal baginya, lebih dari itu. Pada sebagian orang  ilmu tentang cinta yang dirasa cukup akan terasa sedikit dan sangat kurang ketika sudah hidup bersama sang pujaan hati dan akhirnya tahu seluk beluk sebenarnya mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Kau akhirnya tahu bahwa mendengarkan adalah pekerjaan yang sangat susah dilakukan, memberi waktu untuk sekedar ngobrol berdua tanpa gadget di tangan adalah hal yang tak bisa ditinggal, sesekali waktu berlibur bersama adalah amat sangat membuang waktu. Akhirnya yang kau dapat “kok begini?”

            Di sisi lain, ada orang yang sangat menikmati cinta, seiring berjalan waktu ilmu tentang cintanya bertambah -learning by doing-. Dia tahu kapan saat bekerja, kapan waktu untuk seseorang yang seharian menunggunya di rumah, kapan waktu menikmati waktu luang bersama, dan hal – hal indah lainnya. Cinta itu tidak melulu “tolong ngertiin aku” sedangkan di sisi lain “oke, aku mengalah”, tidak melulu “iya, aku yang salah, aku minta maaf” sedangkan di sisi lain “aku selalu memaafkan, hanya saja tolong jangan diulangi lagi” tetapi ada kalanya kau rangkul dia dan katakan dengan lembut apa maksud keterlambatanmu dengan membawakannya buah tangan apapun itu. Jika rasa takutmu melebihi cintamu maka lisanmu hanya akan berkata “maaf ya telat ^.^” just it. Sekalipun ada sesimpul senyum di bibirnya, ketahuilah hatinya menangis karena yang ditunggu tidak merasa ditunggu.

            Cinta itu tentang berbagi, berbagi rasa senang, sedih bahkan sesuatu yang tak kau suka darinya katakanlah, berbagilah padanya agar dia mengerti dan memperbaiki. Berbagilah cerita, ceritakan apa-apa saja yang terjadi di luar sana selama kau bekerja karena dia ingin tahu apa saja yang kau lakukan seharian, dia ingin diajak ambil andil dalam rutinitasmu di luar rumah meskipun dia hanya menunggumu di rumah. Berbagilah apa saja yang bisa dibagi dengan nya karena ketika kau tidak berbagi, ketika menurutmu itu adalah hal- hal sepele yang tak perlu diceritakan padahal baginya itu adalah hal penting yang ingin dia tahu maka sampai kapanpun kau tak akan pernah berani berbagi.

            Cinta itu tentang memberi dan menerima, dua kata kerja ini saling berkaitan dan akan terus berpasangan. Ketika kau memberi maka kau akan diberi (artinya kau akan menerima). Jangan pernah harapkan mawar tumbuh jika yang kau tanam melati, jangan harapkan cinta yang tumbuh jika yang kau tabur adalah benci. Hukum sebab akibat berlaku kawan.

Cinta wanita muncul karena kasih sayang pria,

Kebencian wanita muncul karena kebohongan pria,

Keluhan wanita muncul karena kedinginan pria,

Kebahagiaan wanita muncul karena kehangatan pria,

Kecantikan wanita muncul karena dimanjakan pria,

Kerusakan wanita adalah hutang pria,

Wanita adalah tanah ladang,

Jika kau tanam kurma, kau akan rasakan manisnya kurma,

Jika kau tanam rumput kau akan rasakan hamparan hijau

Jika kau jadikan tempat membuang sampah, kaupun akan menuai bau dan kotornya…

Suami istri itu seperti tubuh dan bayangannya

Maka, Melangkahlah ke arah yang benar karena bayangan selalu mengikuti gerak langkah

(Ust. M. Surahman, Lc.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s